Saturday, September 21, 2013

Penyebab Keputihan pada Wanita

Hal yang biasa bagi wanita bila mengalami keputihan. Vagina adalah organ membersihkan diri. Ini menghasilkan lendir dan sekresi lainnya, dan bahwa cairan vagina akhirnya harus keluar sehingga membasahi celana dalamnya. Hal ini juga normal untuk jumlah dan konsistensi keputihan wanita berubah selama siklus menstruasi. Bahkan, cara memantau konsistensi lendir serviks adalah jenis metode kesuburan yang memungkinkan wanita untuk waktu hubungan seksual sehingga kemungkinan besar untuk membuat dia hamil.

Bagaimanapun tidak semua keputihan adalah normal. Keputihan yang disertai dengan bau vagina yang kuat misalnya, mungkin merupakan tanda dari infeksi atau jenis vaginitis. Jika Anda mengalami perubahan tak biasa dalam bau vagina Anda, ketebalan, atau jumlah, mungkin baik menemui dokter kelamin untuk diperiksa.

Inilah beberapa faktor penyebab keputihan yang terjadi pada wanita sebagai berikut:
  • Kebersihan - Kebersihan di daerah vagina harus dirawat. Jika daerah vagina tidak bersih akan menyebabkan berbagai penyakit yang berkaitan dengan keputihan. Hal ini menyebabkan peningkatan kelembaban vagina dan ini membuat bakteri patogen menginfeksi dan menyebar.
  • Stress - Semua kinerja organ dipengaruhi dan dikendalikan oleh otak, ketika reseptor otak mengalami kondisi stres ini dapat menyebabkan perubahan dan keseimbangan hormon dalam tubuh dan ini dapat menyebabkan keputihan.
  • Obat - Penggunaan obat antibiotik dapat menyebabkan sistem kekebalan jangka panjang dalam tubuh wanita, dan antibiotik biasanya dapat menyebabkan keputihan. Sementara gangguan keseimbangan hormonal juga bisa disebabkan oleh penggunaan program KB (keluarga berencana).
  • Seks bebas - Beberapa penyakit menular melalui seksual seperti klamidia dan gonore, juga dapat menyebabkan keputihan yang tidak normal. Virus yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual, yaitu virus herpes. Karakteristik dari luka sekitar pembukaan vagina, terasa panas dan gatal. Kanker serviks sangat berbahaya bagi perempuan dapat dipicu oleh keputihan yang disebabkan oleh virus.

Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah infeksi vagina yang dapat menyebabkan keputihan yang tidak normal:

  • Jaga vagina yang bersih dengan mencuci secara teratur dengan lembut, sabun lembut dan air yang bersih.
  • Jangan gunakan sabun wangi dan produk feminin pada daerah vagina. Juga hindari semprotan feminin yang langsung ke daerah vagina dan mandi gelembung.
  • Membersihkan kamar mandi secara teratur untuk mencegah bakteri masuk ke vagina dan menyebabkan infeksi.
  • Memakai celana katun 100%, dan hindari pakaian yang terlalu ketat.
  • Hindari seks bebas. Setialah pada suami Anda (bagi yang telah menikah).

No comments:

Post a Comment